Teori Humanistik Prinsip- prinsip belajar humanistic: A.Manusia mempunyai belajar alami B.Belajar signifikan terjadi apabila mqateri plajaran dirasakan murid mempuyai relevansi dengan maksud tertentu C.Belajar yang menyangkut perubahan di dalam persep[si mengenai dirinya D.Tugas belajar yang mengancam diri ialah lebih mudah dirasarkan bila ancaman itu kecil E.Bila bancaman itu rendah terdapat pangalaman siswa dalam memperoleh caar F.Belajar yang bermakna diperolaeh jika siswa melakukannya G.Belajar lancer jika siswa dilibatkan dalam proses belajar H.Belajar yang melibatkan siswa seutuhnya dapat memberi hasil yang mendalam I.Kepercayaan pada diri pada siswa ditumbuhkan dengan membiasakan untuk mawas diri J.Belajar sosial adalah belajar mengenai proses belajar. Pengertian Teori Humanistik tertuju pada masalah bagaimana tiap individu dipengaruhi dan dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman-pengalaman mereka sendiri. Kerangka Berfikir Teori Belajar Tujuan belajar menurut teori ini adalah memanusiakan manusia artinya perilaku tiap orang ditentukan oleh orang itu sendiri dan memahami manusia terhadap lingkungan dan dirinya sendiri.Menurut para pendidik aliran ini I penyusunan dan penyajian materi pelajaran harus sesuai dengan perasaan dan perhatian siswa.Tujuan utama pendidik adalah membantu siswa mengembangkan dirinya yaitu membantu individu untuk mengenal dirinya sendiri sebagai manusia yang unik dan membantu mewujudkan potensi mereka. Para ahli humanistic melihat adanya dua bagian pada proses belajar yaitu : proses pemerolehan informasi baru dan personalissi informasi ini pada individu.
Teori Humanistik Prinsip- prinsip belajar humanistic: A.Manusia mempunyai belajar alami B.Belajar signifikan terjadi apabila mqateri plajaran dirasakan murid mempuyai relevansi dengan maksud tertentu C.Belajar yang menyangkut perubahan di dalam persep[si mengenai dirinya D.Tugas belajar yang mengancam diri ialah lebih mudah dirasarkan bila ancaman itu kecil E.Bila bancaman itu rendah terdapat pangalaman siswa dalam memperoleh caar F.Belajar yang bermakna diperolaeh jika siswa melakukannya G.Belajar lancer jika siswa dilibatkan dalam proses belajar H.Belajar yang melibatkan siswa seutuhnya dapat memberi hasil yang mendalam I.Kepercayaan pada diri pada siswa ditumbuhkan dengan membiasakan untuk mawas diri J.Belajar sosial adalah belajar mengenai proses belajar. Pengertian Teori Humanistik tertuju pada masalah bagaimana tiap individu dipengaruhi dan dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman-pengalaman mereka sendiri. Kerangka Berfikir Teori Belajar Tujuan belajar menurut teori ini adalah memanusiakan manusia artinya perilaku tiap orang ditentukan oleh orang itu sendiri dan memahami manusia terhadap lingkungan dan dirinya sendiri.Menurut para pendidik aliran ini I penyusunan dan penyajian materi pelajaran harus sesuai dengan perasaan dan perhatian siswa.Tujuan utama pendidik adalah membantu siswa mengembangkan dirinya yaitu membantu individu untuk mengenal dirinya sendiri sebagai manusia yang unik dan membantu mewujudkan potensi mereka. Para ahli humanistic melihat adanya dua bagian pada proses belajar yaitu : proses pemerolehan informasi baru dan personalissi informasi ini pada individu.
Read More......